Selasa, 12 Oktober 2010

Koperasi Kelautan

SEMINAR SEHARI
MENGENAI KOPERASI KELAUTAN “HIMIKA UNSRAT”

            Dalam upaya pengembangan Diri dalam berwirausaha dan sekaligus membentuk suatu konsep usaha kedepan maka untuk mewujudkan itu mahasisiwa, Para Mahasiswa Ilmu Kelautan UNSRAT yang tergabung dalam HIMIKA telah merilis salah satu konsep wirausaha di bidang kelautan dalam tingkat Program Studi Ilmu Kelautan yaitu: membentuk suatu badan Koperasi Kelautan pada tanggal 8 oktober 2010 yang telah mengadakan seminar yang berthema “Pelatihan Perkoperasian
Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMIKA) “ selesai dirilis dan sekaligus merupakan langkah awal dalam mengembangkan Diri wirausaha. Kegiatan ini di sambut baik oleh ketua Program Studi Kelautan Gustaf Mamangkey. Beliau mengatakan bahwa: Hal ini merupakan sebuah gagasan yang berawal dari mimpi di mana harapan dari ketua program study bahwa kedepan  mahasiswa Ilmu Kelautan memilikin Intelegensi yang baik, Kompetensi, serta berdaya saing yang tinggi yang bukan hanya pada bidang yang di geluti melainkan pada bidang yang lain pula. Dengan demikian mahasiswa Ilmu Kelautan mampu berkopetensi dengan baik ketika menginjakan kaki di lapangan pekerjaan.

 
Dalam kegiatan seminar kemarin ada banyak hal yang di kemukakan oleh para nara sumber, nara sumber yang di hadirkan yaitu: Victor Palar sebagai Kepala Bid. Pengembangan koperasi di sulawesi utara. Dan Heard C. C. Runtuwene, S.Pi, M.Sc, selaku Dosen Kewirausahaan para nara sumber mengatakan bahwa:
-          Badan usaha yang beranggotakan seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.
-          Sukses sebagai Wirausahaan di Koperasi (Murphy dan Peck,1980).
-           Pintar berkomunikasi
-          Mandiri
-          Pendidikan Memadai
-          Mampu Membuat Perencanaan
-          Keyakinan diri/ Optimisme
-          Penampilan yang baik
-          Mencapai tujuan dengan menggunakan orang lain (Jejaring/Networking)
-          Pekerja keras
Ada hal menarik ini lainnya yaitu: dimana kebijakan pemerintah mengenai koperasi mahasiswa dalam hal Civitas akademika di Indonesia. Ide untuk membuat suatu koperasi dalam hal yang paling kecil untuk mengembangkan DKP pemerintah akan memvasilitasi pembentukan koperasi dengan dana sebesar Rp 364 Milyar di Indonesia. Namun untuk menjalankannya harus serius dengan batasan – batasan atau ketentuan – ketentuan yang berlaku dengan syarat – syarat perkoperasian yang sesuai dengan badan Usaha yang berasas Badan Hukum yang berlaku.

Selaku mahasiswa juga sebagai peserta seminar koperasi banyak yang datang mengambil bagian untuk hadir dalam seminar tersebut...!!! go..go...go... HIMIKA. Viva Ilmu Kelautan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar